Wednesday, March 8, 2017

MENDAFTARKAN WEBSITE/BLOG KE SEARCH ENGINE GOOGLE


            Pada tutorial kali ini saya akan memberikan panduan mendaftarkan website atau blog ke search engine Google. Sebenarnya tanpa didaftarkan pun website atau blog kita akan tetap terindeks di search engine Google. Namun hal itu akan memakan waktu yang sangat lama hingga website atau blog benar-benar dikenali oleh search engine Google. Jika didaftarkan, search engine Google akan lebih cepat mengenali website atau blog anda jadi akan cepat terindeks dan kemungkinan tayang di halaman depan search engine Google menjadi lebih besar. Sebelum anda mulai mendaftarkan website atau blog anda, pastikan bahwa website atau blog anda telah layak untuk didaftarkan. Layak secara konten maupun sistem navigasi dari website atau blog anda.

            Berikut ini tahap demi tahap mendafatarkan website atau blog ke search engine Google:

  1. Buka URL https://www.google.com/webmasters/.
  2. Klik tombol “MASUK” (terletak di pojok kanan atas beranda) untuk login ke Google Account yang anda miliki. Perhatikan gambar berikut sebagai panduan.
    Gambar 1. Beranda Google Webmasters
  3. Setelah login anda akan diarahkan ke beranda Google Search Console. Kemudian masukkan URL website atau blog yang anda miliki pada form yang tersedia. Perhatikan gambar berikut sebagai panduan.
     Gambar 2. Form masukan URL website atau blog
  4. Klik tombol “TAMBAH PROPERTI” setelah URL website atau blog anda dimasukkan.
  5.  Kemudian anda akan diarahkan ke halaman verifikasi situs anda. Pada halaman ini terdapat 5 metode yang dapat anda gunakan. Gunakan semua metode agar status kepemilikan website anda semakin kuat. Pada tutorial ini saya hanya menggunakan metode kedua, yaitu metode "Tag HTML". Metode "Tag HTML" mengharuskan anda untuk meng-copy script meta tag dari Google Webmasters. Setelah selesai, klik tombol "VERIFIKASI" untuk memulai proses verifikasi.
    Gambar 3. Halaman verifikasi
     
  6. Jika benar, Google Webmasters akan memberi pemberitahuan jika proses verifikasi berhasil dilakukan. Kemudian klik “Lanjutkan”. Perhatikan gambar berikut sebagai panduan.
    Gambar 4. Proses verifikasi berhasil

      7. Setelah itu anda akan diarahkan halaman Dasbor Google Webmasters untuk pengguna



      Gambar 5. Halaman dasbor untuk pengguna

                Pada halaman dasbor ini tersedia beberapa menu. Menu-menu ini dapat digunakan untuk melakukan konfigurasi lanjutan. Pada dasbor ini juga tersedia pencatatan aktivitas dari website atau blog anda. Untuk memudahkan pengguna, di Google Webmasters juga tersedia data-data statistik aktivitasi website atau blog  anda.


    Saya rasa itu saja untuk tutorial kali ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.
      
Share:

0 komentar :

Post a Comment

Translate

Follow Me Please!!

Powered by Blogger.