Sunday, March 26, 2017

Game-Game Tersembunyi Dari Google Yang Dapat Anda Mainkan Saat Ini Juga

     Google merupakan salah satu situs mesin pencari terbesar di dunia. Banyak orang di dunia ini yang tahu dan pernah menggunakan mesin pencari Google. Selain sebagai situs penyedia layanan mesin pencari, kini Google juga banyak memiliki layanan lain seperti Google Maps, Gmail, Youtube, Android dan masih banyak lagi. Menurut data statistik yang dikeluarkan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) jumlah pengguna internet di Indonesia pada tahun 2016 adalah 132,7 juta pengguna atau sekitar 51,5% dari seluruh penduduk Indonesia dan lebih dari separuhnya merupakan pengguna internet melalui perangkat smartphone Android. Artinya sebagian besar pengguna internet di Indonesia juga merupakan pengguna layanan dari Google. Namun tahukah anda jika sebenarnya Google selama ini “menyembunyikan” game untuk semua pengguna-penggunanya.
     Game-game ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan semata. Sebagian dari game ini dapat anda gunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki fitur-fitur untuk mempelajari geografi, aeronautika, dan fisika. Game-game yang dimiliki Google sangat variatif, seperti Pac Man dan masih banyak lagi. Untuk memainkan semua game ini ada hanya harus menggunakan fitur pencarian pada situs Google.

1.   Pac Man

     Jika boleh saya katakan Pac Man merupakan salah satu arcade game paling terkenal di seluruh dunia. Bahkan permainan ini banyak dijadikan ajang perjudian dan hanya sedikit orang yang mampu menyelesaikan game ini hingga tamat. Pac Man pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan Namco yang berpusat di Jepang. Pada game ini anda diharuskan untuk memakan semua Pac-dots (titik-titik kuning di seluruh arena) dan harus menghindari ghost. Untuk memainkannya, anda hanya perlu mengetikkan kata kunci “pacman 30th anniversary” pada situs mesin pencari Google dan pilihlah hasil pencarian teratas pada. Pastikan koneksi internet anda stabil untuk memainkan game ini dan mainkanlah menggunakan laptop atau komputer saja.

2.    T-Rex Game

    Jika anda mengalami masalah pada jaringan internet atau anda benar-benar tidak terhubung dengan internet maka anda dapat memainkan game ini. Game ini merupakan salah satu “obat” penghilang bosan saat anda mengalami masalah konektivitas internet. Game ini merupakan salah satu fitur baru dari browser Google Chrome ini dapat anda mainkan secara bebas dan gratis. Untuk memainkannya, anda hanya perlu membuka Google Chrome versi baru. Untuk versi dekstop tekan tombol spasi pada keyboard untuk memulai game dan untuk versi mobile tekan karakter T-Rex pada layar.

3.    Google Earth Flight Simulator

       Untuk memainkan game ini terlebih dahulu anda perlu meng-install aplikasi Google Earth pada komputer anda. Setelah aplikasi Google Earth di-install anda dapat membuka game ini pada menu Tools (Perangkat), kemudian pilih Enter Flight Simulator (Masuki Simulator Penerbangan). Kemudian anda akan diarahkan untuk memilih pesawat yang akan digunakan. Pada game ini hanya disediakan dua pesawat yaitu Pesawat Tempur F-16 dan pesawat tipe SR22. Pilih salah satu pesawat dan mainkan game-nya.

4.    Snake Game

      Pernahkah anda bermain game ular di handphone Nokia 3310 atau hp Nokia jadul lainnya?. Di era 90an game ular atau snake game merupakan salah satu game yang cukup populer bagi pengguna handphone Nokia. Bagi anda yang saat ini mungkin ingin memainkannya kembali tidak perlu bingung. Pasalnya Google juga memiliki snake game versinya sendiri. Google mengeluarkan game ini sebagai doodle art untuk memperingati tahun baru Cina. Untuk memainkan game ini anda hanya perlu memasukkan kata kunci “chinese new year 2013” pada mesin pencari Google dan bukalah hasil teratas pada pencarian.

5.    Atari Breakout

      Atari Breakout merupakan salah satu arcade game yang sangat terkenal di zamannya. Untuk memainkan game ini anda hanya perlu membuka Pencarian Gambar pada Google, kemudian anda ketikkan kata kunci “atari breakout”, sistem akan otomatis membuka game ini untuk anda. Jika game tidak memulai secara otomatis, anda dapat membuka gambar partama pada hasil pencarian gambar.

6.    Ship Simulator



     Simulator yang satu ini berbeda dari semua simulator yang pernah anda mainkan. Pasalnya lokasi dan kapal yang digunakan pada game ini merupakan kapal dan lokasi nyata. Game ini dibuat berdasarkan foto satelit dari Google Earth. Saat memainkan game ini anda akan merasakan suasana asli dari lokasi dimana kapal tersebut berada. Hebatnya lagi tiap kapal pada simulator ini memiliki teknik kendali yang berbeda-beda. Untuk memainkannya anda hanya perlu mengunjungi situsnya disini.

7.    Zerg Rush

      Merupakan salah satu game strategi yang harus anda coba saat bosan dengan pekerjaan sehari-hari di depan komputer. Sebenarnya, Zerg Rush merupakan sebuah ungkapan yang digunakan pada game Starcraft. Untuk memulai permainan ini anda hanya perlu mengetikkan kata kunci “zerg rush” pada mesin pencari Google dan Google akan secara otomatis memulai game ini. Untuk memainkannya, anda hanya perlu menghancurkan semua huruf “O” yang datang dari atas dan samping layar untuk menghancurkan hasil pencarian anda.

8.    Guess-the-Google

      Guess-the-Google merupakan salah satu game yang cukup menarik untuk dimainkan bagi anda yang suka game pendidikan yang syarat akan proses berpikir. Game ini akan mengajak anda untuk mempelajari banyak hal seperti film, tokoh, kosa kata dan masih banyak lagi. Game ini  mengharuskan anda untuk menebak secara tepat kata kunci dari setiap gambar yang dimunculkan. Untuk memulai game ini anda hanya perlu mengetikkan kata kunci “Guess-the-Google” pada mesin pencari Google dan klik pada hasil pencarian teratas. Namun jika anda tidak dapat menemukan game ini anda dapat langsung membukanya pada http://google-image-quiz.net/.

9.    Flappy Droid

       Adalah salah satu Flappy Bird versi Android dengan nama Flappy Droid. Game ini hanya ditujukan bagi para pengguna perangkat Android untuk versi 5/Lollipop dan 6/KitKat. Untuk memainkan game ini anda dapat mencarinya di menu pengaturan (Settings), Kemudian carilah Tentang Ponsel (About Phone). Pada pilihan Versi Android (Android Version) jika anda medapati perangkat Android anda adalah versi 5 dan 6, tekanlah secara terus-menerus maka halaman baru akan muncul dengan logo dari masing-masing versi Android. Kemdian tekan dan tahan logo tersebut hingga benar-benar muncul. Tekan dan tahan lagi untuk kedua kali agar dapat masuk ke dalam game.

10.    Smarty Pins

        Game yang terakhir ialah Smarty Pins. Merupakan salah satu game pembelajaran geografi yang sangat cocok bagi anda yang tahu banyak nama lokasi di dunia. Pasalnya game ini akan mengajak anda untuk menebak lokasi dari setiap tempat terkenal di seluruh belahan dunia. Gameplay-nya sangat mudah anda hanya perlu meletakkan pin lokasi dari setiap nama lokasi yang diberikan oleh Google. Jika salah, Google akan memberi tahu lokasi sebenarnya dan seberapa jauh anda salah dan jika benar, saya belum tahu apa yang akan terjadi karena saya belum pernah menjawab dengan benar :D. Ada dua cara untuk memainkan game ini. Pertama adalah, anda dapat melakukan pencarian di layanan Google Maps. Kedua adalah dengan mengunjungi secara langsung alamat https://smartypins.withgoogle.com.






Share:

0 komentar :

Post a Comment

Translate

Follow Me Please!!

Powered by Blogger.