Wednesday, March 29, 2017

7 Aplikasi Ini Mampu Meningkatkan Performa Smartphone Android Anda Secara Optimal

     Pernahkan anda merasa bahwa semakin lama performa smartphone anda semakin melemah?. Bukan hanya anda tapi mayoritas pengguna smartphone pasti juga mengalami hal ini. Namun anda tidak perlu khawatir karena smarphone anda tidaklah mengalami kerusakan. Ini merupakan fenomena yang lumrah dan pasti terjadi pada setiap smartphone manapun. Banyak hal yang menjadi penyebab melemahnya performa smartphone. Salah satunya ialah semakin menipisnya space memory yang tersedia. Namun besarnya memory bukanlah jaminan peningkatan performa sebuah smartphone. Banyak sekali parameter-parameter yang dapat melemahkan performa sebuah smartphone.

     Selain masalah performa, masalah lain yang sering terjadi pada sebuah smartphone adalah daya tahan baterai. Bukanlah sebuah rahasia jika smartphone sangat boros akan sumber daya baterai. Sebagai contoh, saat ini rata-rata kapasitas baterai smartphone dengan spek standar adalah 3.000 mAh. Pada umumnya, kapasitas baterai sebesar ini hanya mampu bertahan sekitar 12 jam saja untuk penggunaan standar sehari-hari. Jadi artinya seorang pengguna smartphone setidaknya harus mengisi ulang baterai smartphone-nya sebanyak dua kali dalam sehari. 

     Kedua masalah yang umum terjadi ini memanglah sangat mengganggu bagi pengguna smartphone. Namun anda tidak perlu bingung dengan masalah-masalah yang akan anda hadapi sebagai pengguna smartphone. Pasalnya kini sudah banyak pengembang aplikasi smartphone yang menciptakan berbagai aplikasi yang dapat meningkatkan performa dan juga dapat menghemat baterai smartphone anda. Berikut ini tujuh aplikasi yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan performa smartphone anda hingga “segarang monster” dalam cerita-cerita fiksi. 

1. Greenify
Merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk optimalisasi daya tahan dan performa smartphone Android anda. Cara kerja aplikasi ini sangatlah sederhana untuk dipahami. ketika dijalankan, aplikasi ini akan menghibernasi aplikasi lain yang tidak dibutuhkan. Untuk pengguna yang masih awam, aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan.

2. GL Tools

Pada dasarnya aplikasi Android ini adalah versi custom untuk driver OpenGL. Kompatibel dengan banyak GPU (Graphical Processing Unit) dan prosesor ARM. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengatur grafis smartphone Android, seperti mengatur resolusi render, bit depth, dan control textures. Selain itu, aplikasi ini juga digunakan untuk fitur anti-aliasing untuk meningkatkan kualitas grafis smartphone Android anda.

3. Titanium Backup

Di zaman modern ini data dan informasi marupakan sesuatu yang sangat berharga. Berbicara mengenai data tentu tidak akan pernah lepas dari istilah backup. Backup merupakan metode untuk menggandakan data original. Tujuannya tentu saja sebagai data cadangan apabila data original mengalami kerusakan ataupun hilang. Sebagai aplikasi backup, Titanium Backup merupakan salah satu aplikasi yang dapat diandalkan. Titanium Backup dapat dengan mudah melakukan backup dan restore data maupun aplikasi, termasuk juga aplikasi dari sistem.

4. Flashify

Jika boleh saya katakan, aplikasi ini cukup populer untuk para pengguna custom rom. Dengan aplikasi ini anda dapat dengan mudah melakukan flash boot.img, recovery.img dan file-file berekstensi .zip. Selain itu, anda juga dapat melakukan backup untuk file recovery baru anda, kernel dan masih banyak lagi ke dalam penyimpanan lokal maupun ke dalam penyimpanan cloud dari flashify.

5. Xposed 

Xposed adalah framework yang dapat digunakan untuk meng-install modul android yang memungkinkan anda untuk mengubah fungsi dari sistem dan aplikasi lainnya tanpa mengubah file APK-nya. Artinya, modul baru yang telah di-install menggunakan Xposed dapat bekerja untuk versi yang berbeda dan ROM tanpa mengubah kode dasarnya. Anda hanya perlu melakukan undo jika anda tidak yakin dengan perubahan yang anda lakukan. Untuk info lebih lanjut anda dapat langsung mengunjungi situs resmi dari Xposed disini

6. System App Remover

Mungkin anda pernah ingin untuk meng-uninstall aplikasi-aplikasi dari sistem yang tidak anda gunakan. Namun tentu saja hal ini tidak bisa dilakukan teknik uninstall konvensional. Untuk melakukannya, anda membutuhkan sebuah aplikasi khusus seperti System App Remover.

7. Disk Digger

Pada suatu waktu mungkin anda pernah secara tidak sengaja menghapus foto atau file lain yang tersimpan di smartphone. Tentu saja file-file yang telah terhapus tersebut tidak akan dapat dikembalikan dengan mudah karena smarphone Android tidak memiliki recycle bin yang dapat digunakan untuk menampung file sampah. Untuk mengembalikan file-file yang telah terhapus tersebut anda membutuhkan aplikasi khusus seperti Disk Digger yang dapat anda gunakan untuk mengembalikan file-file terhapus.



Share:

0 komentar :

Post a Comment

Translate

Follow Me Please!!

Powered by Blogger.