Wednesday, March 22, 2017

7 Trik Sederhana Yang Terbukti Dapat Menghindarkan Anda Dari Aksi Peretasan


1.  Jangan Menggunakan Internet
      Jangan dulu menganggap trik ini merupakan hal konyol. Trik pertama ini merupakan hal paling mudah untuk dilakukan oleh siapapun. Sebagian besar aksi peretasan hanya dapat terjadi saat anda terkoneksi ke sebuah jaringan internet. Tapi trik ini juga merupakan cara yang paling sulit untuk dilakukan. Pasalnya setiap orang di dunia modern ini pasti memiliki perangkat yang selalu terhubung dengan internet. Selain itu hampir seluruh aktivitas manusia saat ini membutuhkan internet sebagai sarana pencarian informasi dan berkomunikasi.  

2.  Cek Koneksi Internet

      Alternatif kedua yang patut dicoba ialah cek koneksi internet anda. Periksa semua perangkat yang terhubung ke jaringan internet. Saat ini banyak sekali perangkat yang tanpa sepengetahuan anda terus melakukan pertukaran data dengan pabrik pembuatnya. Tidak hanya itu, semua sosial media dan perangkat lunak lainnya melakukan pertukaran data dengan pembuatnya dan bahkan melakukan pengumpulan data profil pengguna. Hal ini sengaja dilakukan untuk berbagai kepentingan, seperti untuk periklanan. Atau yang lebih jahat, ada komponen yang sengaja dipasang untuk mengirimkan data aktivitas pengguna. Cek melalui https://www.shodan.io/, perangkat apa saja yang terhubung dengan internet dan bagaimana cara melindunginya. 

3.  Gunakan Password Pada Perangkat Anda dan Akun Anda

      Password yang kuat merupakan kombinasi dari huruf besar-kecil, angka, dan karakter khusus. Cara termudah membuat password dengan ketiga kombinasi ini adalah dengan menggunakan Password Generator. Banyak sekali aplikasi Password Generator yang tersedia di internet, mulai dari yang berbayar hingga gratis. Pada perangkat smartphone dan komputer biasanya sudah memiliki opsi keamanan menggunakan password maupun fitur keamanan lainnya.

4.  Pakai Jejaring Aman

      Di jaman modern ini memiliki jaringan WiFi (Wireless Fidelity) di rumah merupakan hal lumrah. Agar lebih aman lindungilah jaringan WiFi anda menggunakan password yang cukup kuat. Jika menggunakan WiFi umum atau Hotspot, usahakanlah menggunakan jejaring yang memasang fitur keamanan. Lindungilah perangkat anda menggunakan firewall dan antivirus serta matikan fitur file sharing pada perangkat anda. Bukan tidak mungkin jika pengguna jejaring lainnya dapat memantau semua aktivitas anda selama menggunakan jejaring tersebut. Bahkan pada kasus-kasus tertentu file-file pada perangkat anda dapat dicuri oleh pengguna jejaring lainnya.

5.  Update Sistem Operasi Secara Berkala

      Salah satu celah yang dapat dimanfaatkan oleh peretas adalah Sistem Operasi yang tidak up to date. Tidak melulu soal jaringan anda yang perlu diamankan, Sistem Operasi perangkat yang anda miliki juga perlu diamankan. Salah satunya dengan melakukan update Sistem Operasi secara berkala. Produsen yang peduli kepada konsumennya, selalu melakukan update software secara berkala untuk Sistem Operasi maupun untuk software pendukung lainnya. Kendati produsen sudah melakukan update secara berkala, namun masih banyak konsumen yang enggan atau malas untuk melakukan update berkala pada setiap perangkat yang dimilikinya.

6.  Tutup Kamera Dan Mikrofon

      Saat ini setiap laptop dan smartphone pastilah dilengkapi dengan kamera dan mikrofon untuk kepentingan komunikasi digital secara real time. Jika kehidupan pribadi anda tidak ingin dimata-matai, tutuplah kamera dan mikrofon pada perangkat anda dengan lakban atau selotip. Bagi peretas yang cukup handal, memata-matai melalui kamera dan mikrofon pada perangkat anda sendiri bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Bahkan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg juga melakukan tindakan pengamanan ini. Pendiri perusahaan IT sehebat dan seaman Facebook saja merasa was-was dan perlu untuk melakukan tindakan ini , bagaimana dengan anda?.

7.  Unduh Aplikasi Dari Sumber Terpercaya

      Aplikasi merupakan alat pendukung utama pada smartphone dan laptop anda. Maka pastikanlah semua aplikasi yang terpasang pada perangkat anda berasal dari sumber yang terpercaya. Sebuah aplikasi dapat disisipi oleh peretas dengan berbagai malware (Malicious Software) yang dapat merusak perangkat dan file-file anda. Bahkan ada peretas yang mampu meyisipkan virus ataupun malware ke dalam sebuah file gambar yang umumnya berukuran sangat kecil. Bagi pengguna smartphone anda tidak perlu khawatir karena ada repository (seperti Play Store dan App Store) terpercaya yang dapat anda kunjungi untuk mengunduh berbagai aplikasi yang dibutuhkan.


Share:

0 komentar :

Post a Comment

Translate

Follow Me Please!!

Powered by Blogger.