Sunday, February 26, 2017

Lebih Jauh Tentang Hiren’s Boot CD (HBCD)



            Komputer dan  merupakan salah satu perangkat vital yang telah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian orang. Tentu akan menjadi masalah jika komputer atau  mengalami kerusakan. Jika hanya kerusakan kecil mungkin kita dapat memperbaikinya sendiri. Namun kita akan kerepotan jika kerusakan tersebut menyebabkan komputer atau  mengalami gagal booting. File-file yang tersimpan di dalam komputer atau  kita tidak akan bisa diakses. Untuk memecahkan permasalahan ini dibutuhkan sebuah tools yang dapat dijalankan saat proses booting. Untuk itu anda dapat menggunakan salah satu tools, yaitu Hiren’s Boot CD.

Gambar 1. Hiren’s Boot CD
Mayoritas orang yang telah lama menggeluti dunia teknologi informasi mungkin sudah tidak asing dengan Hiren’s Boot CD (HBCD). HBCD merupakan salah satu bentuk bootable software CD (software yang hanya bisa dijalankan pada proses booting sistem operasi). CD ini berisi banyak sekali software. Softaware-software tersebut dapat dikategorikan menjadi beberapa kategori, diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Partition ToolsPartition (partisi) berarti membagi hard disk/hard drive menjadi beberapa bagian untuk back up, file sistem dan keperluan lainnya. Kebanyakan komputer atau  memberi 3 partisi pada hard disk-nya. Paritisi tersebut ialah partisi C:\ untuk  menampung file sistem operasi dan aplikasi, partisi D:\ dan partisi E:\ berisi file-file lainnya. Setiap partisi ini bekerja secara independen, jadi jika salah satu partisi mengalami kerusakan maka kerusakan tersebut tidak akan mempengaruhi partisi lainnya. Partition Tools tidak hanya digunakan untuk membuat partisi, tetapi juga dapat digunakan untuk mengatur dan mengontrol partisi pada hard disk. Selain itu, masih banyak fungsi lain yang tidak dapat disebutkan saya sebutkan semua.

  •   Backup and RecoveryHard Disk yang mengalami kerusakan dapat merusak atau menghilangkan file yang tersimpan di dalamnya. Hal ini tentu saja tidak diinginkan oleh siapapun pengguna komputer. Kehilangan file akibat kerusakan hard disk atau sebab lainnya dapat dihindari dengan melakukan back up file. Back up dapat dilakukan dengan memanfaatkan tool-tool yang tersedia di dalam HBCD. Diantara tools tersebut ialah GetDataBack, HDD Scan and Recuva,  Piriform dan masih banyak lagi. Selain Back Up Tools, di dalam HBCD juga tersedia tools untuk melakukan recovery. Recovery artinya mengembalikan file-file yang telah terhapus baik disengaja mupun tidak disengaja.   

  •   Antivirus ToolsMayoritas komputer pasti memerlukan antivirus, terutama untuk komputer dengan Sistem Operasi Windows. Antivirus dapat menemukan beberapa program komputer yang tidak diinginkan (virus) dan meningkatkan keamanan komputer. Antivirus juga dapat digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan performa komputer. Di dalam HBCD terdapat beberapa antivirus yang dapat digunakan secara bebas. Selain itu, HBCD juga memiliki beberapa Cleaners Tools untuk membersihkan komputer dari malware, spyware, trojan, dan virus lainnya. Beberapa antivirus tools yang tersedia di dalam HBCD ialah Avira, SpyBot, Search & Destroy, Malwarebytes, dan masih banyak lagi.

  •    Testing ToolsMempertahankan dan memperbaiki kerusakan komputer merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Bagi anda yang masih awam dengan teknik reparasi komputer, mungkin menggunakan HBCD dapat membantu mempertahankan dan memperbaiki sendiri komputer kita yang rusak. Beberapa tools yang tersedia di dalam HBCD dapat memonitor kegagalan sistem pada komponen hardware atau driver-nya. Untuk kemudian pengguna dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut pada komponen terkait.

  • Password ToolsPassword adalah fitur keamanan yang sangat penting bagi sebagian besar sistem. Setelah beberapa waktu berlalu, pengguna mungkin dapat melupakan password yang digunakannya. HBCD memiliki beberapa tools yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah ini. Tool-tool tersebut diantaranya adalah WindowsGate, Autologon, atau Windows Key Finder yang dapat digunakan untuk mengatur dan menyimpan password.

  •  Mini Windows XPVersi sederhana dari Windows XP tersedia di dalam HBCD sebagai opsi ketika membutuhkan sistem operasi yang terpisah dan independen dari sistem operasi utama yang mungkin mengalami kerusakan.  
      Semua penjelasan sebelumnya mungkin cukup mudah untuk dipahami. Tapi pada kenyataanya penggunaan setiap tool yang terdapat di HBCD tidaklah semudah membaca artikel ini. Untuk dapat menggunakan setiap tool yang terdapat di HBCD anda harus mempelajari dan mencobanya secara kontinu hingga paham. Selamat belajar dan mencoba.

Download Hiren's Boot CD
Link1 | Link2
Share:

0 komentar :

Post a Comment

Translate

Follow Me Please!!

Powered by Blogger.