Thursday, April 6, 2017

Memperbaiki Komputer Gagal Booting

     Gagal booting merupakan salah satu masalah yang lumrah terjadi pada para pengguna dual boot sistem operasi. Pada umumnya, dual boot dilakukan untuk menggabungkan sistem operasi Linux dan Windows. Untuk menggabungkan sistem operasi Linux dan Windows dibutuhkan sebuah program bernama GRUB (Grand Unified Boot Loader). 
     Salah satu penyebab terjadinya gagal booting ialah hilangnya program GRUB. Selain itu, penghapusan sistem operasi Linux pada dual boot juga otomatis menghapus GRUB yang sebelumnya telah ter-install. Maka ketika anda hendak menjalankan sistem operasi Windows yang terjadi adalah gagal booting dan sistem akan mengeluarkan pesan “error: no such partition. Entering rescue mode... grub rescue>”. Pada tutorial kali ini akan saya jelaskan langkah-langkah untuk mengatasi masalah ini. 

Pesan error yang menunjukkan sistem tidak bisa menemukan partisi yang berisi sistem operasi karena hilangnya GRUB

     Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah, sediakan sebuah installer Windows yang sesuai dengan dengan Windows yang ter-install pada komputer anda. Installer tersebut boleh berupa CD (Compact Disk) maupun perangkat USB (Universal Serial Bus). Berikut ini langkah-langkah perbaikannya:

1. Boot komputer anda menggunakan Installer Windows. Pada tutorial ini, saya menggunakan Installer                   Windows 7.

2. Setelah masuk halaman instalasi Windows 7, anda perlu melakukan konfigurasi bahasa dan preferensi           lainnya. Perhatikan gambar berikut ini.

    
    Ubahlah pengaturan bahasa dan preferensi sesuai dengan gambar. Klik Next untuk melanjutkan

3. Kemudian pilih Repair Computer. Perhatikan gambar berikut ini.


4. Pilih Command Prompt. Perhatikan gambar berikut ini.



5. Setelah masuk Command Prompt, masukkan perintah berikut ini.

    bootrec.exe/fixmbr (tekan enter)
    bootrec.exe/fixboot (tekan enter)
6. Kemudian restart komputer anda.

7. Selesai, komputer anda akan menyala dengan normal.


TERIMA KASIH
SEMOGA BERMANFAAT
JANGAN LUPA SHARE!!! 😃😃
Share:

0 komentar :

Post a Comment

Translate

Follow Me Please!!

Powered by Blogger.